SMP Negeri 3 Surabaya

SMP Negeri 3 Surabaya , sebagai bagian dari pemerintah / negara yang memegang amanat mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat tentu akan mewujudkannya dalam bentuk pelayanan yang baik terlebih semboyan kami sebagai pegawai negeri adalah abdi dan pelayan masyarakat.
Bentuk pelayanan SMP Negeri 3 Surabaya dalam hal ini kami bedakan menjadi dua yaitu :

1. Palayanan yang bersifat Umum
Keinginan orang tua untuk dapat memasukan putranya sebagai siswa di SMP Negeri 3 Surabaya sangatlah besar karena selama ini kami masih mendapatkan kepercayaan yaitu dapat mendidik dan menghantarkan putranya sampai ke jenjang pendidikan yang dicita citakan.
Maklum selama ini SMP Negeri 3 Surabaya lulusannya selalu diperingkat atas dan lebih dari 90% lulusannya selalu masuk di SLTA Negeri , disamping prestasi ekstra kurikulernya yang banyak meraih medali / piala di ivent / medan laga lomba.
Sebagai catatan hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2006 – 2007 SMP Negeri 3 Surabaya menempati ranking 2 di Surabaya , ranking 12 di Jawa Timur dan rang king 33 di Indonesia.
Itu semua berkat hasil kerja keras dari seluruh pihak baik dari peranan pihak sekolah , peranan pihak masyarakat khususnya orang tua murid yang terorganisir dalam Komite Sekolah dan peranan pihak pemerintah ikut membangun sekolah ini.
Bentuk layanan yang bersifat umum adalah memberikan fasiltas sarana dan prasarana sekolah serta tenaga pendidik yang memadai , seiring dengan tuntutan kemajuan jaman sedapat mungkin sesuai dengan tuntutan BSNP bahkan SBI.
Kemajuan selama 4 tahun terakhir ini dari tahun 2004 - 2008 antara lain


Di bidang sarana prasarana.
Membangun ruang perpustakaan berlantai 2 , merahabilitasi Gedung Tambahan dari berlantai 2 menjadi berlantai 3 , perluasan Masjid berlantai 2 , merehap Pos Satpam , kantin dan menyediakan fasilitas wartel serta memperbanyak dan memperbaiki kamar kecil yang lebih baik lagi.
Maka mulai tahun pelajaran 2007 – 2008 semua siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar pagi semuanya.
Rehabilitasi dan melengkapi sarana laboratorium yang lebih baik dengan program / cara Imbal Swadaya dan mendapat dana Block Grant :
- Untuk Laboratorium Komputer
- Untuk Laboratorium Bahasa
- Untuk Laboratorium IPA

Rehabilitasi lingkungan halaman menjadi lebih hijau , asri , bersih dan indahdan ruang kelas diberi kipas angin , ruang guru dan kantor ber AC Untuk kebersihan lingkungan juga menggunakan jasa cleaning yang bekerja sama dengan pihak swasta.

Di bidang ketenaga kerjaan Guru sebagai sumber ilmu pengetahuan tentu harus mengikuti perkembangan Iptek serta metode pembelajaran sehingga dapat mentransfer pengetahuannya kepada siswa dengan mudah , baik dan menyenangkan. Untuk itu kami melakukan work shop , kerjasama dengan sekolah setara , kursus Conversation Bahasa Inggris yang bekerja sama dengan UNESA, Kursus Komputer , mengundang Nara Sumber / Pakar , Awareness Training / ESQ dsb.
Di bidang kesiswaan / orang tua peserta didik Sekolah mengadakan komunikasi timbal balik kepada orang tua baik secara langsung / tatap muka , jarak jauh melalui tilpun maupun melalui sarana lainnya dalam rangka kemajuan pendidikan putranya.
Informasi tentang sekolah juga dapat diakses Website.
Sedangkan semua siswa dapat menggunakan fasilitas yang diberikan sekolah , me
nyalurkan dan mengembangkan hobi atau kegiatannya dengan mengikuti program ekstra kurikuler dan Pengembangan Diri
2. Pelayanan yang bersifat Khusus


Bagi siswa baru
Untuk rekrutmen siswa mutasi diadakan tes Uji Kelayakan untuk mengukur / melihat kemampuan SKM yang ditetapkan di SMP Negeri 3 Surabaya.
Untuk siswa baru klas 7 pada awal tahun pelajaran diadakan Tes Awal Tahun untuk menyamakan kemampuan di tingkat / kelas yang baru. Siswa yang kurang diharuskan mengikuti remidi
Bagi siswa / Orang tua yang tidak mampu / miskin
Mendapatkan keringanan bahkan pembebasan dari dari tuntutan pembayaran keuangan sekolah misalnya donatur , Tambahan dana pendidikan., Bimbel.
Program Teman Asuh memberikan santunan / bantuan dalam bentuk sarana belajar misalnya buku , seragam , kaca mata kir , pengobatan dsb
Bagi siswa yang berprestasi ( di lihat nilai Rapor Semester secara parallel ) diberi penghargaan berupa :
Ranking I pembebasan uang Tambahan Dana pendidikan selama 3 bulan.
Ranking II pembebasan uang Tambahan Dana pendidikan selama 2 bulan
Ranking III pembebasan uang Tambahan Dana pendidikan selama 1 bulan
Pembinaan Kepribadian siswa
Pembiasaan sikap perilaku / budaya siswa yaitu senyum , sopan dan sapa. terhadap sesama , guru , orang tua dan tamu.
Pembiasaan sholat berjamaah di sekolah diadakan sholat Dhuhur dan Sholat Jumat , Pelatihan mengurus mayat dan Manasik Haji pada Program Kegiatan Pondok Romadhon , serta Pesekutuan Doa bagi umat Kristen pada hari Jum’at
Membentuk jiwa kepemimpinan melalui LDKS yang bekerjasama dengan TNI bagi pengurus Osis , Pelatihan Dasar PMR bagi anggota PMR
Memberikan tempat penyaluran bakat dan minat atau hobi melalui Ekskul ( ada 8 pilihan ) dan Program Pengembangan Diri ( ada 8 pilihan ) yang dibina oleh tenaga professional dari luar yang diarahkan pada life skill
Sistem Informasi dan Komunikasi
Pemeriksaan Ulangan / Tes melalui Komputerisasi dimana hasilnya langsung dapat dilihat siswa di papan / dinding pengumuman dengan menyertakan keterangan lulus , remidi dan rankingnya.
Informasi tentang persekolahan khusunya tentang nilai , pegumuman / berita kelulusandansebagainya dapat diakses melalui Website SMP Negeri 3 Surabaya
Program Guru Pendamping disedakan bagi siswa klas 9 , untuk tiap 10 siswa dibimbing , dimonitor , diawasi kegiatannya dan dianalisa kemajuan hasil belajarnya oleh seorang guru .Tujuannyasupaya siswa dapat lulus dengan prestasi yang menyenangkan.
Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar